Kabupaten Layak Anak Tahun 2022

Kabupaten Layak Anak Tahun 2022

Apresiasi dan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Provinsi Layak Anak (Provila) tahun 2022 kembali diberikan kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati yang terpilih Se-Indonesia oleh Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak RI, karena telah berhasil menjadikan daerahnya menjadi tempat yang nyaman dan aman serta layak bagi anak-anak.

Penghargaan KLA diberikan kepada 312 Kabupaten/Kota dan 8 Propinsi se Indonesia, bertempat  di Hotel Ibis Kabupaten Bogor, Jum’at (22/07/22).

kla 2022
Penghargaan KLA via daring zoom meeting bagi Pemkab Dompu  

Kementerian PPPA RI Bintang Puspa Yoga saat menyampaikan sambutannya mengatakan, untuk mendukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing  bersaing sebagaimana tertuang RPJMN Nasional 2020-2024, semua elemen harus menyatukan kekuatan untuk memenuhi dan melindungi hak anak-anak.

“Apalagi 270 juta jiwa penduduk Indonesia 1/3 nya anak-anak, harus dijaga tumbuh kembangnya, karena merupakan merupakan generasi pelanjut masa depan bangsa”, harapnya.

Melanjutkan, pemenuhan hak-hak anak merupakan amanat konstitusi dari undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan konvensinya telah diratifikasi dalam undang-undang perlindungan anak dan sudah disyahkan oleh dunia Internasional lewat PBB  UN-CRC (United Nations Convention on the Rights of the Child)

“Oleh karena itu anak Indonesia terikat secara satu kesatuan yang utuh yang hak-haknya harus dipenuhi dan diimpelementasikan” paparnya.

Menutup penyampaian Menteri PPPA mengatakan 4 hak dasar anak yakni hak untuk hidup, hak tumbuh kembang, hak hidup, dan hak partisipasi.

“Karena sifatnya secara kompleks dan terintegrasi sehingga diperlukan komitmen lintas sektoral dan mendasar, agarhak-haknya mereka bisa diupayakan bersama-sama”imbuhnya.

Acara Penganugerahan KLA/Provila diikuti oleh pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan pratama Kementerian PPPA, Gubernur, Bupati Wali Kota Se Indonesia, Kejati, Kadis PPPA Kab/Kota, Ketua Gugus Tugas KLA, Perusahaan/Koorporasi peduli anak, Forum Anak Indonesia dan LSM Pemerhati anak seluruh Indonesia. 

(Sumber: Setda Dompukab)