PERINGATAN HARI ANAK KE-39, WAKIL BUPATI DOMPU HARAPKAN BERBAGAI PIHAK SIAPKAN LINGKUNGAN YANG RAMAH ANAK DAN BERPERAN AKTIF DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK ANAK

PERINGATAN HARI ANAK KE-39, WAKIL BUPATI DOMPU HARAPKAN BERBAGAI PIHAK SIAPKAN LINGKUNGAN YANG RAMAH ANAK DAN BERPERAN AKTIF DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK ANAK

D o m p u – Pemerintah Derah melalaui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional yang ke-39 Tingkat Kabupaten Dompu bertempat di Lapangan Beringin pada Jum’at (01/09/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT., Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu Gatot Gunawan SKM., M.Kes., Ketua TP. PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Dompu, Hj. Lilis Suryani Kader Jaelani, Pimpinan OPD Kabupaten Dompu, Camat Dompu, Ketua GOW Kabupaten Dompu, Ketua DWP Kabupaten Dompu, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Dompu, serta kepala sekolah beserta guru dan 150 siswa siswi TK/PAUD yang berada di Kecamatan Dompu dan Woja.

Untuk memeriahkan Peringatan HAN dengan tagline #BeraniKarenaPeduli ini kegiatan diawali dengan senam bersama Bunda PAUD dengan siswa-siswi TK/PAUD. Selain mengajak anak-anak membugarkan badan mereka, senam bersama ini juga ditujukan untuk menyematkan semangat bagi-anak anak selama mengikuti kegiatan.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT menyampaikan bahwa peringatan hari anak yang dilaksanakan setiap tahunnya ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pemenuhan hak-hak anak dan perkembangan tumbuh kembang anak di Kabupaten Dompu.

Berbagai pihak khususnya orang tua juga diharapkan dapat menyiapkan lingkungan yang ramah anak dan berperan aktif dalam upaya pemenuhan hak-hak anak, pasalnya bila hak-hak anak terpenuhi maka anak dapat tumbuh sebagai insan yang berani, percaya diri, pandai berinovasi dan bersosialisasi. Selain itu, menanamkan ilmu agama yang dimulai sejak dini tidak kalah pentingnya sebagai pondasi awal dalam mendidik anak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembedayaan Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak sekaligus Plh. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yayat Nurhidayat, SKM menyampaikan bahwa terdapat beberapa isu penting terkait anak yang memerlukan perhatian serius salah satunya isu perkawinan usia anak. Pasalnya perkawinan anak ini akan berdampak pada banyaknya permasalahan antara lain stunting, kemiskinan, dan kekerasan dengan anak sebagai korban dan pelaku.

Seremoni Kegiatan Peringatan HAN Tahun 2023 ditutup dengan pembacaan Suara Anak Indonesia oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Dompu.

Sebagai rangkaian kegiatan dilaksanakan gerak bersama mengikuti irama jingle Forum Anak  2P (Pelopor dan Pelapor) dan lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswi TK/PAUD. (admin_DPPPA)